Rabu, 09 Agustus 2017

Cara Memilih MicroSD yang Tepat Untuk Menjaga Performa Android



Untuk saat ini memang banyak jenis Aplikasi dengan ukuran yang bisa dibilang cukup besar, namun hal sebenarnya sudah bisa di atasi dengan adanya kapasitas internal Smartphone yang cukup besar. Tetapi saat kita ingin download file kapasitas besar pasti membutuhkanMicroSD untuk penyimpanan tamabahannya bukan.
MicroSD ini sendiri memiliki banyak jenis dan kapasitas, jenis tersebut juga dapat memengaruhi kinerja Smartphone kalian nantinya. Jangan sampai kalian ingin menambah kapasitas penyimpanan malah membuat perangkat Anda menjadi Lamban.
Dengan banyaknya pilihan MicroSD inilah saya akan membagikan tips bagaimana cara memilih MicroSD untuk Android yang tepat di berikut ini:

Ketahui Spesifikasinya



MicroSD sendiri memiliki 3 tipe spesifikasi berbeda yang harus kalian ketahui sebelum membelinya, tipe ini juga menentukan kualitas kinerja dari penyimpanan eksternal ini sendiri, berikut macam-macamnya:

SDSC atau SD (Secure Digital Standard Capacity)

Untuk jenis microSD yang satu ini memiliki kapasitas paling kecil diantara 2 lainnya, untuk microSD jenis ini menggunakan sistem file Fat16 dan harganya paling murah di pasaran.

SDHC (Secure Digital High Capacity)

Untuk microSD yang satu ini bisa dibilang satu tingkat lebih tinggi daripada yang pertama tadi karena jenis ini menggunakan sistem file FAT32, sayangnya untuk microSD yang satu ini tidak bisa diterima bila perangkatnya hanya mendukung format SD saja. Memory jenis ini memiliki kapasitas antara 4 Gb sampai dengan 32 Gb.

DXC (Secure Digital Extended Capacity)

Bisa dibilang memory dengan jenis ini merupakan paling tinggi diantara yang lainnya, bagaimana tidak? microSD SDXC ini memiliki kapasitas penyimpanan 64 Gb hingga 2 Tb dengan menggunakan sistem format exFAT. Sudah jelas untuk jenis sistem format tersebut tidak akan mendukung microSD jenis SD dan SDHC.

Merek Kartu Memori

Memang dipasaran ada banyak sekali bukan merk dari microSD ini sendiri, dengan begini kalian harus mempertimbangkan terlebih dahulu secara matang-matang mau menggunakan microSD ber merk apa, jangan sampai Smartphone kalian drop gara-gara pemilihan Memori yang tidak tepat.
ara memilih MicroSD untuk Android yang tepat: Dari banyak pilihan brand microSD saya hanya merekomendasikan 3 saja yang terbaik dari semuanya, yakni
SanDisk, Samsung, dan Transcend.

Kapasitas Memori

Seperti yang diketahui di atas tadi tentang format sistem dari masing-masing jenis kartu SD, nah untuk pemilihan kapasitas memori ini sangat penting karena harus sesuai dengan kebutuhan kalian apakah mau memilih yang 16 Gb, atau yang 128 Gb, atau berapapun itu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kalian.
Memang untuk saat ini sudah ada Smartphone yang mendukung jenis microSD up to 2 Tb seperti LG Q6+ salah satunya.

ingkat Kecepatan

Selain dibedakan dari beberapa jenis penyimpanan, microSD juga memiliki kelas dan tingkatan kecepatan yang berbeda, untuk jenis kelasnya ini sendiri dibedakan menjadi 4 macam yakni:



Class 2: untuk kelas ini memang jajaran paling bawah dari semuanya, dan saya tidak merekomendasikan Anda untuk memilih microSD dengan class 2Class 4: kalian bisa memilih microSD kelas ini jika budget yang dimiliki pas pas an, namun kalau ada tambahan budget ya usahakan yang lebih tinggi.Class 6: dengan menggunakan microSD kelas ini kalian sudah bisa menggunakan performa dan speed pemindahan data yang cukup optimal.Class 10: microSD kelas ini merupakan kelas tertingi diantara ketiganya yang cocok banget buat perangkat Smartphone kalian, bahkan untuk pemindahan datanya dan speed yang dimiliki dari microSD ini cukup cepat.
Sebenarnya masih ada lagi microSD class 12, namun
saya masih belum mengetahuinya hingga saat ini jadi tidak saya masukkan kedalam daftar di atas karena menggunakan kelas 10 saja sudah cukup baik.

Tergantung Versi Android

Kebanyakan untuk smartphone saat ini semuanya mendukung slot untuk microSD, namun memang ada beberapa yang tidak dibekalkan, contohnya saja seperti iPhone 7.




Untuk versi android minimal terbaik adalah v6.0 Marshmallow yang memang sudah dibekali dengan fitur bernama Adoptable Storage, fitur ini berfungsi untuk membuat microSD kalian seperti internal, tapi ingat gunakan class terbaik supaya kinerjanya lebih optimal.

Dukungan Sistem File

Seperti yang sudah saya bahas di atas tadi, karena kita juga penting untuk memilih dukungan file system dari Smartphone maupun microSD nya sendiri, percuma kalau microSD memiliki dukungan system file exFAT namun tidak compatible dengan perangkat kita.


Copyright ©partitionwizard
Nah itu tadi tips cara memilih MicroSD untuk Android yang tepat untuk menjaga performa Smartphone kalian tetap lancar dan tanpa hambatan dalam pemindahan data nantinya. Selamat mencoba dan menerapkan tips di atas ya.